Penyebab Stretch Mark dan Cara Mencegah

  Banyak orang mengatakan bahwa stretch mark hanya terjadi pada wanita saja, tetapi seperti yang diketahui dan bukan rahasia umum lagi ternyata stretch mark dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, maka dapa dikatakan salah jika setiap orang hanya menuduh seorang wanita yang dapat mengalami hal tersebut.

 Stretch mark merupakan guratan pada kulit yang biasanya timbul pada area tertutup seperti perut bagian terdekat pusar, sekitar payudara, lipatan ketiak juga ada pada paha. Tidak hanya menyerang bagian tertutup saja, ternyata stretch mark juga dapat timbul di area betis dan juga lengan. pada umumnya ukuran guratan pada kulit ini dapat memanjang hingga belasan centimeter dan tidak beraturan ada yang berwarna putih hingga ada yang sampai berwarna kemerahan, bayangkan jika Anda mengidap stretch mark ada bagian terluar tubuh Anda, apalagi Anda juga sangat menyukai jenis pakaian tebruka, maka penampilan Anda sangat mungkin akan terganggu.

Stretch Mark

  Konon banyak orang yang mengatakan bahwa stretch dapat terjadi karena terlalu banyak digaruk saat wanita mengalami masa menstruasi, sehingga semakin banyak garukan makan semakin banyak pula guratan yang akan ditimbulkan, ada juga yang mengatakan bahwa guratan terjadi karena terlalu ketat menggunakan celana sehingga menimbulakan guratan banyak pada area paha. namun seiring waktu ditemukan bahwa stretch mark juga terjadi pada pria, kebanyakn di area atas pinggang bagian belakang, perut serta lengan.Padahal sangat tidak mungkin jika pria juga mengalami keadaan menstruasi seperti wanita. Jadi anggapan bahwa stretch mark dapat timbul karena garukan, merupakan opini yang salah.

 Stretch mark terjadi karena adanya peregangan pada kulit akibat kulit yang mekar karena tubuh yang membesar. Sedangkan kulit yang mekar karena tubuh yang membesar diakibatkan karena berat badan yang naik dan lemak yan gmenumpuk sehingga menyebabkan peregangan kulit dapat terjadi, pada kasus ibu hamil juga beresiko pasti terkena stretch mark karena peregangan pada kulit akibat rahim dalam perut yang membesar. Pada pria resiko stretch mark juga dapat terjadi karena olahraga yang berlebihan atau melakukan kegiatan yang berat sehingga menyebabkan otot menjadi besar dan kulit meregang.

Cara Mencegah Dan Mengobati Stretch Mark

 Setelah mengetahui penyebab timbulnya stretch mark, maka untuk mengatasinya seperti memudarkan bekas akibat guratan adalah dengan salep khusus yang dioleskan pada guratan- guratan yang ada, namun Anda harus memperhatikan warna dari guratan tersebut apakah masih merah atau sudah menjadi putih, jika masih merah maka Anda dapat menyamarkannya menggunakan salep, namun jika telah berwarna putih maka akan sulit sekali untuk dipudarkan warnanya.
 Dan jika Anda menginginkan stretc mark hilang, Anda dapat menempuh pengobatan dengan cara laser ke dokter ahli kulit untk menghilangkan bekas tersebut.

 Bagi Anda yang belum mengalami gangguan stretch mark maka sebaiknya Anda menjaga pola makan Anda agar dapat terjaga keseimbangan berat badan Anda, karena jika Anda kurang menjaga keseimbangan berat badan maka resiko mengalami stretch mark akan sangat terjadi pada kulit Anda. dan bagi Anda yang sedang hamil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk langkah pencegahan agar tidak timbul stretch mark pada kulit, bukankan lebih baik mencegah daripada mengobati?Semoga bermanfaat. (/liaaprill)

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?