6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

 Olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga mampu membuat tulang, otot, dan organ tubuh menjadi tetap bugar dan melaksanakan fungsinya dengan baik. Sementara makanan membantu proses pengolahan dan kebutuhan energi dalam tubuh.
Setelah berolahraga tubuh merasakan lelah dan letih yang pastinya membutuhkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Namun, anda tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan, karena bukan malah menambah energi tetapi bisa memperburuk kondisi tubuh anda. Setidaknya jangan makan-makanan ini setelah melakukan olahraga, diantaranya adalah :

6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Sayuran mentah
 Walau sayur-sayuran mentah banyak mengandung serat, namun tidak mempunyai karbohidrat, lemak, kalori, dan protein yang cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh setelah berolahraga. Sehingga tubuh anda tetap lemas dan lelah tidak berenergi untuk melakukan aktivitas lainnya. Hal ini tentu dirasa tidak tepat jika mengkonsumsi sayuran mentah selesai olahraga, dimana tubuh membutuhkan banyak energi.

Cemilan berserat
 Cemilan berserat, seperti cracker gandum, sereal, keju, yogurt, popcorn dan lain sebagainya, merupakan makanan yang mengandung banyak gula. Dengan perut kosong, kekurangan asupan gizi, sementara yang masuk dalam tubuh pertama kali adalah zat gula, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda. Jangan mengkonsumsi makanan tersebut setelah berolahraga karena bukannya mengembalikan tenaga tetapi malah membuat anda beresiko terkena penyakit.

Meminum soda atau minuman berenergi
 Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi minuman berenergi agar dapat mengembalikan cairan dan menambah tenaga dalam tubuh. Tetapi salah jika anda konsumsi dengan perut yang belum terisi dengan gizi lain karena menimbulkan berbagai macam penyakit. Kandungan kafein, gula dan zat-zat lain yang dikombinasikan pada minuman berenergi memang mampu membuat tubuh lebih bugar dan kekutannya bertambah, namun interaksi dan kadar zat-zat tersebut dalam tubuh belum bisa diketahui secara pasti. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan hati, penyakit jantung, kerusakan otot, hipertensi dan lain-lain.

Makanan berlemak
 Daging kemasan mengandung kadar garam dan bahan kimia yang tinggi, untuk itu tidak baik dikonsumsi oleh tubuh setelah berolahraga. Sebaiknya anda memakan daging segar saja yang lebih banyak karbohidrat, nutrisi itulah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga. Hindari juga memakan burger dan kentang goreng, keduanya mengandung garam yang tinggi. Selain itu, burger mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dagingnya sulit dicerna tubuh.
Padahal tubuh kita setelah berolahraga membutuhkan banyak glikogen (zat yang diproduksi dan tersimpan pada otot dan hati. Makanan berlemak tidak mendukung dalam penyimpanan zat glikogen, tetapi malah meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga beresiko terkena berbagai macam penyakit.

Makanan yang asin
 Saat berolahraga tubuh mengeluarkan banyak keringat dan membutuhkan banyak cairan atau elektrolit. Dengan mengkonsumsi makanan yang asin dapat mengganggu keseimbangan kadar mineral dan air dalam tubuh.

Susu dan coklat
Anda tahu bahwa susu dan coklat mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa mengurangi stres. Namun, susu dan coklat mengandung kadar gula, garam dan lemak yang tinggi. Gula akan menghambat proses metabolisme tubuh serta berpengaruh untuk memproduksi lemak dan lemak tidaklah mendukung produksi glikogen. Dengan mengkonsumsi susu dan coklat setelah berolah raga bukan membuat bentuk tubuh lebih baik tetapi malah semakin gendut.

 Sebenarnya masih banyak makanan yang baik dan lebih bermanfaat yang dikonsumsi setelah olahraga, seperti buah pisang dan minum air putih. Tubuh membutuhkan cairan dan karbohidrat karena mendukung diproduksinya zat glikogen yang diperlukan oleh tubuh. Dengan memperhatikan asupan nutrisi setelah berolahraga, tentu tubuh yang sehat, buga, segar dan bentuk yang indah mudah diwujudkan.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?