5 Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet

Cara Merawat Kebaya - Kapan anda mengenakan kebaya? Lebih banyak saat menghadiri acara resmi bukan? Seperti ke acara pernikahan saudara atau teman, dan wisuda. Lalu seberapa seringkah anda membeli kebaya hanya untuk dikenakan sekali dan akhirnya tersimpan lama di lemari anda. Tentu sayang sekali bukan, kebaya lama anda dapat dirawat dengan baik dan tentunya dapat gunakan kembali tergantung kebutuhan. Kebutuhan kebaya di Indonesia masih tinggi, banyak sekali masyarakat yang membiarkan kebayanya dicuci tempat laudry. Selain alasan karena lebih praktis, anda memilih laundry karena enggan mencuci kebaya anda sendiri. Padahal kebaya dikenakan anda sendiri, lalu mengapa justru anda memberi kepercayaan untuk memcuci kebaya kesayangan ke orang lain.

Cara Merawat Kebaya

 Kebaya akan bertahan lama dan cantik, apabila yang merawatnya tahu bagaimana cara merawat. Untuk itu berikut hitznee akan membagikannya kepada anda. Tidak perlu berpikir panjang untuk membaca dan menyimak cara merawat kebaya kesayangan anda, karena dapat dipraktekan di rumah. Siapa tahu juga anda dapat membagikannya ke keluarga anda.

1. Jangan merendam kebaya dengan deterjen terlalu banyak
Yang namanya kebaya apalagi dari bahan brokat, sutra, dan sifon akan hilang serat halusnya apabila terlalu lama direndan di dalam campuran air deterjen. Jangan sekali-kali mencoba untuk melakukan hal tersebut. Kebaya kesayangan anda akan hilang kelembutannya secara bertahap.

Baca Juga : Tips Bergaya Dengan Kemeja Putih

2. Menggunakan shampoo
Kebaya umumnya tidak akan kotor sekali, biasanya hanya keringat yang menempel. Akan tetapi, anda harus tetap mencucinya. Cucilah kebaya anda dengan shampoo, shampoo yang dapat anda gunakan bebas tanpa berwarna. Cukup warna netral, karena penggunaan shampoo berwarna, seperti warna hitam akan berakibat buruk bagi warna kebaya kesayangan anda. Caranya anda cukup menaruh 1 shampoo sachet atau 2 sendok makan shampoo jika menggunakan shampoo botolan. Setelah itu campurkan dengan air sebanyak 10 L, celupkan kebaya sebanyak 5 kali sampai merata dan kucek perlahan-lahan agar payet-payetnya tetap utuh. Jika kebaya anda berwarna putih seluruhnya, anda dapat menambahkan sedikit pemutih tidak kurang dari 15% shampoo.

3. Pencucian Kebaya
Telah dijelaskan di point pertama dan kedua kebaya anda jangan dikucek, apalagi menggunakan sikat bergerigi yang tajam. Cukup menggunakan tanpa telanjang, dengan begitu kebaya anda akan tetap aman dan indah. Pencucian kebaya sebaiknya dilakukan sore hari, karena kebaya tidak akan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari untuk kebaya tidak baik. Untuk anda yang tidak sempat mencuci kebaya, anda dapat melaundry kebaya anda dengan metode wet clean. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kebaya anda.

4. Jangan menyetrika kebaya panas
Kebaya kesayangan anda telah selesai dicuci dan kering? Selanjutnya anda cukup memanaskan setrika 3 menit, lalu cabut setrika dari kontak listrik. Kemudian mulailah menyetrika kebaya dari atas ke bagian bawah dengan pelan-pelan. Jangan terlalu keras menyetrika kebaya yang ada payetnya, karena akan membuat payet terlepas. Menyetrika kebaya dengan suhu yang panas, akan membuat kebaya anda menjadi kusut.

5. Menyimpan kebaya
Penyimpanan kebaya biasanya dengan digantung, padahal cara ini akan mengakibatkan kebaya kesayangan anda rusak dibagian teksturnya. Anda dapat membeli kotak khusus seukuran dengan kebaya anda, kemudian olesi dengan silica gel. Gel ini berfungsi untuk melindungi kebaya anda dari ngengat yang nakal.

Baca Juga : Tips Simple Tampil seksi Tanpa busana mini

 Akan tetapi, apabila anda enggan untuk membeli kotak khusus. Anda dapat tetap menggantungkan kebaya kesayangan dengan hanger yang lentur, tetapi tetap anda harus mengolesi silica gel disekitar lemari. Tidak ketinggalan juga bungkus kebaya anda dengan plastic untuk menghindari debu. Jadi ketika anda ingin mengenakannya tidak akan pusing dengan masalah debu yang menempel.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?