4 Alasan Menangis Penting bagi Kesehatan

 Setiap orang pasti pernah menangis, dan hal ini adalah sebuah fenomema yang wajar adanya. Dalam kondisi umum, seringkali menangis diindetikkan dengan wanita, sebab memang kaum hawa inilah yang lebh sering menangis dibandingkan dengan kaum pria.

 Namun bukan berarti bahwa kaum pria tidak boleh memangis.Sebab dalam kondisi tertentu, memang mengharuskan kita untuk menangis, entah ketika merasa sedih, merasa gembira atau yang lainnya. Dan ketika saat itu anda hendak memangis, maka menangis saja dan tidak perlu anda tahan. Mengapa? Karena menangis itu ternyata menyehatkan.

4 Alasan Menangis Penting bagi Kesehatkan

Nah, kok bisa menangis itu menyehatkan? Dan seperti apa kesehatan yang ditimbulkannya? Mari kita simak ya...

Mata Jadi Sehat
Kenapa menangis bisa menyehatkan mata? Sebab air mata yang dikeluarkan tersebut secara otomatis akan membasahi bola mata beserta kelopak mata anda, sehingga mata anda akan terhindar dari bahaya kekeringan. Namun tak hanya sampai disitu saja, lebih dalam lagi bahwa air mata yang keluar itu berfungsi sebagai anti dehidrasi pada membran mukus anda. Dengan begitu, maka kemampuan anda untuk melihat akan terjaga kesehatannya.

Mood Meningkat
Kenapa bisa begitu? Sebab air mata yang keluar akan menurunkan tingkat mangan berlebih di dalam tubuh. Nah, mangan yang berlebih inilah yang membuat seseorang mengalami rasa was-was, cemas, agresif, dan mood yang buruk. Nah, dengan keluarnya air mata, maka kadar mangan akan terkurangi, sehingga mood baik anda akan segera meningkat.

Membunuh Bakteri
Anda pernah membyanagkan seberapa lama mata anda terkena sinar matahari dan lingkungan? Dan tahukah anda bahwa ketika mata anda berinteraksi dengan lingkungan setiap hari, maka akan banyak sekali bakteri yang menempel di mata anda. Disinilah peran air mata, untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Air mata mengandung enzim lyzozyme yang mana ketika anda menangis sekitar 5-10 menit saja, maka 90-95% solusi bakteri di mata anda dapat teratasi.

Stres Menurun
Selain berolahraga, anda juga bisa menurunkan stres dengan cara menangis. Berdasarkan pada sebuah penelitian, dengan menangis maka zat-zat kimia seperti endorfin, prolactin, dan leucin-enkaphalin bisa dikeluarkan bersama dengan air mata. Semua zat itu adaalh zat yang bisa memicu stres seseorang. Jadi, keluarnya air mata bersama zat-zat tersebut bisa mengurangi rasa stres anda.

 Itulah beberapa manfaat kesehatan dari menangis. Jadi, meanagislah ketika memang engkau menangis, sebab menangis itu menyehatkan.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?