7 Khasiat Menangis Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

 Menangis merupakan ungkapan perasaan sedih dari hati seseorang. Dengan menangis seseorang menjadi lega dan mengurangi beban berat yang ditanggung karena masalah yang terjadi. Janganlah menganggap bahwa menangis berarti cengeng, lemah tak berdaya, dan takut. Tetapi menangislah yang membuat anda kuat, mampu berpikir jernih, dan wujud kepedulian terhadap diri sendiri karena mengurangi beban dalam hati.

7 Khasiat Menangis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Mungkin yang selama ini anda ketahui tentang menangis hanyalah rfelek dari perasaan sedih saja dan tidak mempunyai khasiat apapun yang berguna. Padahal yang sebenarnya menangis mampu menjaga kesehatan tubuh dan memberikan kecantikan alami. Jika tiba-tiba anda ingin menangis, maka menangislah luapkan semua yang ada dalam hati anda. Kerisauan, kegalauan, kegundahan, kesedihan, kebahagiaan, keharuan, merupakan semua perasaan yang bisa membuat menangis. Apa saja manfaat menangis bagi tubuh kita? langsung simak saja ulasan berikut ini :

Menghilangkan stres

Menurut para pakar kesehatan menangis dapat mengurangi beban kejiwaan dalam diri manusia. Kondisi psikologis tubuh yang mengalami guncangan karena masalah akan beresiko stres. Nah, dengan menangis anda bisa mengurangi stres karena sebagian kandungan dalam air mata manusia adalah hormon stres. Jadi hormon stres akan dikeluarkan bersama dengan air mata anda.

Memberikan ketenangan
 
Sebelum anda menangis, semua luapan emosi dan amarah akan bercampur menjadi satu dan keduanya akan membuat anda salah langkah dalam bertindak. Memang menangis tidak dapat mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Tetapi setidaknya, manangis mampu membuat perasaan anda lega sehingga dapat berpikir lebih jernih dan tenang dalam melangkah. Emosi yang berlebihan tentu akan membuat masalah malah semakin rumit, jadi luangkanlah waktu anda sejenak untuk merenung dan menangis terlebih dahulu.

Menghilangkan bakteri pada mata

Mata merupakan bagian luar tubuh yang mudah didatangi bakteri, bisa saja berasal dari debu atau dari sentuhan tangan. Bakteri-bakteri yang terdapat pada mata dapat dihilangkan dengan enzim lysozyme. Enzim tersebut didapatkan dari kandungan air mata, itulah mengapa menangis mempu membunuh bakteri pada mata.

 Kemampuan enzim lysozyme lebih bagus daripada obat tetes mata karena keberhasilannya dalam membunuh bakteri mencapai 90%-95%. Dengan menangis mungkin mata anda bisa terhidar dari bahaya penyakit mata. Selain itu menangis juga menjaga kelembaban mata yang dapat membuat penglihatan menjadi jelas. Karena jika membran mata kering penglihatan akan menjadi buram atau kabur.

Menjaga kelembaban mata

Tidak hanya bermanfaat menjaga mata dari bakteri tetapi menangis juga menjaga kelembaban mata. Menangis merupakan cara alami dari dalam tubuh yang menghindarkan mata dari perih, kering atau terkena iritasi. Kekurangan cairan mata anda bisa mengalami bengkak, merah dan penyakit lain yang bisa mengganggu penglihatan. Walau terkadang menangis membuat mata anda sembab atau merah, tetapi itu hanya sebentar saja dan reaksi dari lamanya anda menangis.

Menjaga kesehatan saluran pernapasan

Hidung juga harus selalu lembab, jika tidak dapat menyebabkan penyakit gangguan pernapasan seperti sinusitis. Penyakit ini diakibatkan karena terjadi gangguan pertukaran udara karena kelembaban hidung tidak stabil.sinusitis bukanlah penyakit sepele yang mudah disembuhkan seperti pilek, dia mempunyai pengaruh yang lebih besar bagi tubuh kita seperti, nyeri pada kepala, lendir yang dikeluarkan berwarna hijau, bahkan bisa saja nyeri dirasakan pada seluruh wajah sehingga menjadi bengkak.

 Dengan menangis, dapat menjaga kelembaban hidung dan mengurangi tekanan peradangan akibat sinusitis. Karena tak jarang jika kita menangis, ada lendir atau air yang keluar dari hidung.

Menghilangkan racun dalam tubuh

Menurut William Frey seorang yang ahli biokimia bahwa air mata dari menangis karena kesedihan mengandung lebih banyak zat beracun daripada air mata yang keluar karena iritasi atau terkena debu. Hal ini menjelaskan bahwa sebenarnya air mata saat menangis karena kesedihan mengeluarkan banyak zat beracun dari dalam tubuh. Dengan demikian badan bisa menjadi sehat dan terhindar dari resiko terkena penyakit akibat stres.

Membuat mood menjadi lebih baik

Menangis dapat mengurangi stres dan juga depresi, sehingga membuat hati dan pikiran menjadi lebih lega, hal ini akan berpengaruh dalam membangkitkan mood seseorang. Karena air mata kesedihan mengandung 24% protein albumin yang bermanfaat untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Lancarnya aktivitas dalam tubuh akan mengubah suasana hati lebih baik daripada sebelum menangis.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?