Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut - Kemiri mempunyai nama latin Aleurites moluccana serta termasuk juga dalam suku Euphorbiaceae. Tak beberapa orang tahu kalau kemiri masihlah satu kerabat dengan singkong. Mungkin saja lantaran tidak sering orang yang pernah lihat pohon kemiri. Di Indonesia, buah kemiri di ambil serta jadikan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan. Tetapi, nenek moyang kita juga memakai kemiri untuk kepentingan lain, seperti bikin minyak kemiri yang bermanfaat menyuburkan rambut.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut
Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut


Selanjutnya tentang faedah kemiri bakal kita ulas sesudah ini. Saat ini, mari kita susuri terlebih dulu kandungan zat apa sajakah yang ada pada buah ini hingga dapat berguna untuk manusia.

Kemiri memiliki kandungan saponin, falvonoida, serta polifenol, dan zat gizi mikro seperti protein, lemak, serta karbohidrat. Kemiri juga mempunyai kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, serta kalsium. Diluar itu kandungan lain yg tidak kalah berikan faedah yaitu vitamin A, vitamin B1, folat, dan fitosterol yang dapat menghalangi pembentukan cholesterol. Proteinnya berbentuk asam amino esensial ataupun nonesensial berperan untuk perkembangan serta membuat protein serta antibodi.

Faedah Kemiri untuk Kesehatan
Faedah Kemiri untuk Kesehatan
Seperti yang telah disinggung dimuka, kemiri tidak cuma berguna sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan namun juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk menangani beragam masalah kesehatan. Nah, di bawah ini kami kumpulkan sebagian faedah kemiri untuk penyembuhan.

1. Menyembuhkan Sariawan
Bukan hanya biji kemiri yang berguna, tetapi sisi batang serta getahnya juga, satu diantaranya untuk menangani sariawan di mulut. Yang Anda butuhkan yaitu getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk memperolehnya dapat lewat cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, lalu tunggulah sampai getahnya keluar. Ambillah getah itu dengan kapas serta berikan sedikit santan kelapa bila ada. Berikan di bagian mulut yang luka (diserang sariawan).

2. Menyembuhkan Sakit Gigi
Terkecuali sariawan, sakit gigi dapat juga diobati dengan memakai getah pohon kemiri. Langkahnya juga nyaris sama. Ambillah getah pohon kemiri dengan memakai kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarlah sepanjang 10 menit, lalu buang serta ubah dengan yang baru.

3. Menyembuhkan Diare
Untuk mengobati diare, ambillah 20 gr kulit batang kemiri yang masihlah fresh, bersihkan lalu ditumbuk sampai halus. Rebus dengan air 600 cc hingga airnya menyusut jadi 300 cc, saring serta ambillah airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri itu 2 x satu hari, sekali minum sejumlah 150 cc.

4. Menangani Infeksi Jamur
Jamur bisa berkembang dimanapun, termasuk juga pada kulit badan anda. Infeksi jamur seperti panu memanglah tak beresiko, tetapi dapat mengakibatkan penderitanya tak nyaman serta bahkan juga kurang percaya diri. Langkah mengatasinya dengan memoleskan minyak kemiri di bagian badan yang terinfeksi jamur. Kerjakan dengan cara teratur supaya akhirnya lebih optimal.

5. Menangani sulit Tidur (Insomnia)
Minyak kemiri dapat juga menolong Anda melawan insomnia serta tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang ada di dalamnya bakal bikin Anda santai serta cepat tertidur. Hal semacam ini baik untuk orang yang mempunyai pola tidur yg tidak teratur. Tidur yang berkwalitas dapat jadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Sulit buang air besar (sembelit)
Ambillah 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gr pulasari, 10 gr kayu manis, 30 gr daun urang-aring, 1/2 sendok teh garam, serta 1/2 sendok teh adas. Haluskan semuanya bahan lantas rebus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Saring serta minum airnya 2 kali satu hari, semasing sejumlah 200 cc.

7. Digigit Serangga
Anda pernah digigit serangga yang mengakibatkan rasa panas serta gatal? Sesungguhnya itu dapat diatasi dengan memakai kemiri. Ambillah 2 buah kemiri serta kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah beberapa bahan itu, lantas tumbuk hingga halus. Berikan keseluruhnya sisi badan yang gatal akibat tergigit serangga.

8. Menangani BAB Berdarah
Kulit batang pohon kemiri dapat juga menyembuhkan BAB (Buang Air Besar) berdarah. Siapkan 20 gr kulit batang kemiri. Sesudah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air sampai bersisa 200 cc. Saring airnya, lantas minum pada saat hangat.

9. Obat Gosok
Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih dapat dipakai sebagai obat gosok untuk menyingkirkan pegal serta masuk angin. Langkahnya ya seperti memakai minyak gosok umum.


10. Obat Demam pada Anak
Rebus 15 gr akar pulutan serta berikan sebagian tetes minya kemiri. Saring airnya, lalu diminum pada saat hangat.


Faedah Kemiri untuk Rambut :
Terkecuali berguna untuk kesehatan, kemiri berguna juga untuk kecantikan terlebih yang terkait dengan rambut. Telah mulai sejak jaman jaman dulu nenek moyang kita memakai buah kemiri yang di ambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Terdapat beberapa langkah dalam mengambil minyak dari biji buah kemiri. Dapat lewat cara merebus atau disangrai (goreng tanpa ada minyak). Bila tidak ingin ribet ya tinggal beli saja minyak kemiri yang telah di jual dalam botol paket. Tetapi, Anda mesti bebrapa pintar pilih supaya memperoleh minyak kemiri yang asli yang belum digabung dengan beberapa bahan yang lain.

1. Minyak kemiri menyuburkan rambut
Faedah minyak kemiri untuk menyuburkan rambut memanglah tidak bisa dibantah lagi. Langkahnya, ambillah minyak kemiri seperlunya berikan dengan cara rata pada rambut serta kulit kepala. Kerjakan pijatan dengan cara lembut serta biarlah sepanjang semalaman. Esok harinya basuh dengan sampo, janganlah lupa pakai conditioner pada ujung rambut. Kerjakan dengan cara teratur untuk memperoleh rambut yang subur, lebat serta tidak tipis.

2. Menangani Rambut rontok
Anda miliki permasalahan dengan kerontokan rambut? Pakai minyak biji kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein serta mineral yang ada dalam buah kemiri dapat memperkuat rambut dari mulai akar sampai ujungnya.

3. Menumbuhkan Rambut
Anda miliki permasalahan dengan kebotakan? Tenang, minyak kemiri dapat menolong Anda menangani kebotakan lantaran dapat merangsang tumbuhnya rambut. Penggunaan minyak kemiri dengan teratur bisa mencegha kerontokan serta menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan juga lebih kuat serta sehat dari mulanya.

4. Menghitamkan Rambut
Rambut hitam bercahaya serta sehat adalah idaman nyaris tiap-tiap orang. Tetapi tak kebanyakan orang mujur memperolehnya. Apakah anda termasuk juga yang mujur atau tak? Bila tak, janganlah sangat pesimis, lantaran minyak kemiri bisa menolong anda mewujudkannya, prasyaratnya yaitu sabar serta rajin. Minyak kemiri bisa bikin rambut memperoleh kembali kemilaunya apa pun warna rambut itu.

5. Menyingkirkan Ketombe
Satu lagi permasalahan rambut yang begitu mengganggu yaitu ketombe. Tetapi, anda dapat memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Langkahnya dengan memoleskannya pada kulit kepala dengan cara rata sembari dipijat dengan cara lembut. Minyak kemiri bisa bersihkan kulit kepala dari kotoran sebagai bian gkeladi timbulnya ketombe.

Faedah Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Terkecuali berguna untuk rambut, minyak kemiri juga bermanfaat untuk dunia kecantikan. Salah satunya untuk menjaga kecantikan kulit, alis serta bulu mata.

1. Menjaga Kecantikan Kulit
Tidak cuma minyak zaitun yang bermanfaat melindungi kecantikan kulit namun juga minyak kemiri. Kandungan anti-oksidan dalam minyak kemiri diakui dapat melindungi keremajaan kulit, menyingkirkan keriput serta garis halus dan mencegah radikal bebas yang merugikan.

2. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll
Seperti yang telah di ketahui, minyak kemiri bermanfaat menyuburkan serta menumbuhkan rambut. Itu berlaku untuk semuanya type rambut yang tumbuh pada badan manusia, termasuk juga alis, bulu mata, cambang, janggut serta kumis. Ambillah minya kemiri serta campur dengan sedikit getah lidah buaya (berbentuk lendir dari daging daun lidah buaya) lalu berikan di bagian badan yang mau rambutnya subur, umpamanya alis serta bulu mata. Pada pria dapat dipakai untuk melebatkan jenggot serta jambang agar tampak macho.

Langkah Bikin Minyak Kemiri :
Saat ini, minyak kemiri telah banyak di jual bebas di market. Tetapi, bila Anda sangsi bakal kwalitas minyak kemiri dalam paket tambah baik anda membuatnya sendiri lantaran langkahnya juga tak demikian susah.

Dengan cara komplit pemrosesan kemiri untuk di ambil minyaknya yaitu seperti berikut :

  • Tumbuk kemiri sampai hancur.
  • Rebus kemiri dengan air sampai keluarkan minyak.
  • Ambil minyak kemiri yang mengapung diatas air.
  • Saringlah minyak sampai jernih.
  • Taruhlah minyak kedalam botol serta taruh botol ditempat yang sejuk.
  • Pakai dengan cara teratur satu minggu tiga kali.


Di Indonesia, kemiri di kenal dengan adanya banyak nama. Salah satunya, kembiri, gambiri, hambiri (Batam) ; kemili (Gayo) ; kemiling (Lampung) ; buah kareh (buah keras, Minangkabau ; Nias) ; keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda) ; dèrèkan, pidekan, miri (Jawa) ; kamèrè, komèrè, mèrè (Madura) ; dan sebagainya.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut - Nah, itu dia info tentang faedah kemiri serta manfaat minyak kemiri untuk kesehatan, kecantikan dan rambut anda. Mudah-mudahan berguna.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?