Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Jika Anda ingin hidup lebih sehat atau ingin mengejar bentuk badan ideal, coba evaluasi kembali apakah langkah-langkah yang Anda ambil sudah benar atau belum. Poin-poin ini mungkin bisa jadi reminder yang baik agar Anda tetap menjaga hidup sehat tapi tidak sampai ke titik ekstrim atau justru melupakan hal-hal penting lainnya.

Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Jangan telat sarapan

Jangan sampai Anda terlambat sarapan atau tidak sarapan sama sekali atas nama berdiet. Jika Anda tidak sarapan, Anda akan kehilangan energi untuk memulai hari, ini membuat hormon dalam tubuh tidak seimbang dan tidak sehat untuk tubuh. Tubuh Anda butuh asupan energi, jadi pastikan Anda selalu makan dalam porsi yang cukup (jangan sarapan terlalu sedikit).

Jangan tidak makan siang

Salah kaprah diet ini sering terjadi. Anda tetap harus makan agar tetap memiliki energi di sore hari dan seterusnya. Jika Anda tidak makan siang atau makan siang terlalu sedikit, kemungkinan besar menjelang malam Anda akan sangat kelaparan dan craving menjadi-jadi. Kecenderungannya Anda malah akan makan malam dan mencari makanan enak (yang belum tentu bergizi) untuk mengganjar rasa lapar yang Anda rasakan dari siang.

Berat badan

Sebelum Anda melakukan diet dan olahraga karena merasa berat badan Anda berlebihan, lebih baik Anda memeriksa Body Mass Index (BMI) Anda terlebih dahulu agar tahu persis berapa banyak lemak yang harus Anda buang. Kadang yang merasa berat badannya sudah ideal, ternyata menurut BMI terlalu kurus. Jadi sebelum Anda panik dan mengambil tindakan, periksalah BMI Anda dahulu. Biasanya jasa mengukur BMI ini disediakan di pusat-pusat kebugaran.


General Check-Up

Jika Anda punya waktu dan cukup biaya, lakukanlah tes kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini (jika ada). Ini berguna agar Anda bisa mencegah berkembangnya penyakit yang berbahaya di tubuh Anda. Cek kadar gula, tekanan darah, kesehatan paru-paru, kesehatan serviks, dan sebagainya. Ingatlah selalu bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi jangan sampai Anda terlambat untuk beralih ke hidup yang lebih sehat hanya karena malas atau takut melakukan tes kesehatan

Jangan terlalu memforsir olah raga dan lakukan variasi

Berolahraga itu sehat, namun tubuh akan kebal dan tidak lagi membakar banyak kalori jika Anda terus melakukan olah raga yang sama setiap saat. Lakukan variasi aktivitas olah raga, misalnya berenang, squash, badminton, gym, lari, bersepeda, muay thai, dan sebagainya. Berikan waktu untuk tubuh beristirahat, jangan memforsir tubuh untuk bergerak setiap hari karena nanti Anda akan kelelahan.

Low fat bukan berarti low sugar

Jangan terkecoh dengan label “low fat” pada berbagai kemasan makanan dan minuman. Rendah lemak bukan berarti rendah gula juga, padahal gula adalah salah satu penyebab kegemukan yang paling fatal. Selalu ingat untuk mengecek nutrition facts di makanan/minuman yang Anda beli dan pilihlah produk yang tepat.

Jangan mendengarkan musik terlalu keras

Mendengarkan musik memang menyenangkan dan membuat diri rileks, tapi jika volumenya terlalu tinggi, malah akan merusak telinga Anda. Sebaiknya Anda mengatur volume antara 10-50% saja ketika mendengarkan musik dengan earphones.

Makan cukup protein & serat

Protein dan serat membantu Anda kenyang lebih lama dan dicerna tubuh lebih lama daripada karbohidrat, oleh karena itu jangan makan terlalu sedikit protein dan serat setiap hari. Justru perbanyak dua asupan ini dan kurangi karbohidrat jika Anda ingin memiliki badan yang ideal/mengurangi berat badan.

Tidur cukup

Jangan lupa untuk selalu tidur yang cukup, paling tidak 7-8 jam sehari. Ini juga untuk menghindari kelebihan berat badan, karena kurang tidur berpotensi meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sehingga bila tidak terkontrol Anda bisa mengalami kegemukan. Selain membuat tubuh melar, kurang tidur akut juga membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi dalam aktivitas kerja dan meningkatkan resiko penyakit jantung, mengantuk sepanjang hari (sehingga bisa berakibat kecelakaan), menurunkan gairah seks dan membuat Anda jadi pelupa.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?