8 Tips Membuat Rambut Terawat Walau Berhijab

 Rambut bagaikan mahkota dari para wanita. Rambut biasanya menjadi perhatian tersendiri yang mampu membuat wanita lebih cantik. Rambut yang bergizi baik mampu membuat wanita lebih percaya diri dalam berpenampilan. Tetapi bagaimana ketika sudah berhijab? Karena jika wanita berhijab, rambut tidak akan terlihat disembarang tempat, apakah masih perlu membuatnya berkilau dan memperhatikan kesehatannya?
Walaupun anda berhijab atau tidak rambut tetap akan menunjang penampilan anda. Apakah anda mau ketika berhijab tiba-tiba merasakan kepala gatal-gata? Tentu tidak bukan. Memang orang lain tidak bisa melihat rambut anda tetapi mukhrim anda terutama suami dapat melihatnya. Jika rambut anda kusam, ada kutu, tidak berkilau atau ubanan tentu tidak menarik perhatian suami anda. Bisa-bisa suami akan menjauh dari anda.

8 Tips Membuat Rambut Terawat Walau Berhijab
Agar rambut terjaga kesehatannya silahkan ikuti beberapa langkar di bawah ini :

1. Pertama-tama pilih sampo yang tepat 

Anda harus memilih sampo dengan cermat, perhatikan keadaan rambut anda apakah kering, kusam, berminyak atau mudah patah. Sekarang banyak sekali produk sampo yang bisa mengatasi permasalahan rambut atau ada juga sampo yang khusus untuk wanita berhijab. Anda bisa dengan mudah memilih mana yang cocok dengan rambut anda dengan memperhatikan tulisan dikemasan sampo tersebut. Dengan begitu mengurangi resiko kerusakan rambut yang lebih parah.

2. Keramaslah 3 kali dalam seminggu

Keramas keseringan tidak baik untuk rambut, tetapi jarang keramas berarti membiarkan rambut anda kotoran dan mengandung banyak bakteri. Menumpuknya kotoran dan bakteri pada kulit kepala dan rambut, membuat rambut tidak sehat dan mengalami kerusakan. Untuk itu anda harus membiasakan keramas 3 kali dalam seminggu. Jangka waktu ini dirasa tepat untuk menjaga kesehatan rambut anda.

3. Pakailah kondisioner yang tepat

Selain sampo anda juga harus melengkapi nutrisi untuk rambut dengan memakai kondisioner secara rutin setelah keramas. Pilihlah kondisioner yang tepat juga, jangan hanya memperhatikan keharuman baunya untuk rambut anda. oleskan kondisioner pada rambut setelah keramas secara rata dan biarkan selama 5-10 menit agar meresap ke rambut, lalu bilas yang bersih.

4. Sisir rambut dengan baik

Walau rambut tertutupi jangan lupa menyisirnya secara rutin terutama sesudah mandi. Sisirlah rambut dengan lembut sampai semuanya benar-benar terurai. Karena jika anda tidak menysirnya rambut akan menjadi kusut dan lebih sulit disisir nantinya, sehingga menimbulkan kerusakan pada rambut.

5. Keringkanlah rambut sebelum berhijab

Jangan mengenakan hijab ketika rambut sedang basah, ini akan membuat rambut anda bau, timbulnya ketombe bahkan kutupun ikut berpatisipasi. Memang terkadang anda seperti terburu oleh waktu, untuk mengatasinya anda harus bisa meluangkan waktu lebih lama dalam mengeringkan rambut setelah keramas, agar tidak terlambat dalam menghadiri suatu acara. Tetapi jangan menggunakan jasa pengering rambut, karena menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Gunakanlah kipas angin dan handuk saja untuk mengeringkannya.

6. Kenakan hijab yang berbahan kaos atau katun

Yang tidak kalah pentingnya adalah hijab yang anda kenakan, harus bisa menyerap keringat dan mampu membuat sirkulasi udara yang baik untuk kepala anda. Untuk itu pilihlah hijab berbahan katun atau kaos yang mempunyai pori-pori cukup untuk proses sirkulasi udara. Hindari hijab dengan warna gelap karena menyerap sinar matahari dan tidak baik pengaruhnya pada rambut dan kulit kepala anda. Pilihlah yang warna cerah saja, selain menghindar dari sinar matahi, anda juga nampak modis.

7. Berikan waktu untuk rambut istirahat 

Sepertihalnya manusia, rambut juga perlu bernapas lega dan tidak pengap dalam balutan hijab. Untuk itu, jika sudah tidak mempunyai aktivitas dan berada dirumah, bukalah hijab anda dan biarkan rambut terurai tanpa harus diikat.

8. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein, vitamin B1, B12 dan C

Selain perawatan dari luar, rambut juga membutuhkan perawatan dari dalam. Konsumsilah protein, vitamin B1, B12 dan c yang tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?